Arsitektur Hijau di Greenhost Boutique Yogyakarta


First impression ketika baru dateng dan melihat Hotel ini dari luar adalah “woooow hijaunya”. Kenapa bisa dibilang sangat hijau? Karena fasad hotel ini diselimuti oleh juntaian tanaman Lee kwan yu yang ditata rapi dan menyegarkan mata. Btw, seneng deh sekarang sudah mulai banyak hotel yang aware dengan konsep bangunan yang ramah lingkungan dan penataan landscape yang ok bingitzz..

GREEN BUILDING

Greenhost Boutique Hotel yang terletak di jalan Prawirotaman, Yogyakarta ini merupakan salah satu hotel yang mengusung konsep GREEN BUILDING. Apasih green building itu? Green building adalah konsep membangun yang ramah terhadap lingkungan dan hemat energi. Penekanan konsep green building ini bisa dilihat dari efisiensi pemilihan material bangunan, pemanfaatan energi, tata sirkulasi udara yang baik dan penghematan penggunaan air. Dengan mengusung konsep green building ini kita bisa meminimalisir dampak buruk pembangunan terhadap lingkungan sekitarnya.

Ok, mari kita mulai masuk dan explore bagian dalam hotel. Ketika sampai di lobby hotel, kita langsung disuguhkan oleh view swimming pool dan ruang yang terkesan Luas dan tinggi. Kenapa terkesan seperti itu, karena ruang ini memiliki void yang tinggi sampai kelantai yang paling atas. Selain memberikan kesan luas, void ini juga berfungsi sebagai pencahayaan alami ketika siang hari. Dengan model void seperti ini perputaran udara juga bisa berputar dengan baik, jadi tidak membutuhkan AC lagi deh..

MATERIAL ALAMI

Kesan alami terasa begitu kental ketika kita mulai lebih dalam lagi mengexplore hotel ini. Untuk temboknya di area sekitar lobby dan restoran ternyata tidak dicat melainkan menggunakan plesteran semen ekspos. Untuk lantainya pun sama, masih menggunakan material plesteran semen ekspos yang dikombinasikan dengan material kayu.

LANDSCAPE HOTEL

Tanaman menjadi elemen penting dalam pengembangan konsep Hotel ini. Begitu masuk saja kita sudah bisa merasakan atmosphere hijau di hotel ini. Kesan hijau bisa kita lihat dari pembuatan rock garden dan penananamn tanaman tropis disekitar area Swimming pool. Sedangkan swimming pool dengan warna airnya yang biru menenangkan dijadikan point of interest bagi Hotel ini karena letaknya yang berada di tengah – tengah bangunan.

WADAH – WADAH BEKAS

Selain rock garden dan tanaman tropis yang berada di lantai satu, disetiap lantai gedung ini pun ditanami oleh tanaman yang menjulur kebawah dan kita bisa temui penggunaan wadah – wadah bekas di setiap sudut lantai yang digunakan untuk menanam tanaman sehingga kesan hijau pun begitu terasa.

ROOF GARDEN

Nah, pengembangan landscape pada hotel ini tidak hanya sebatas itu saja ternyata Hotel ini juga memiliki Roof Garden diatas bangunan Hotel. Untuk tanaman yang dibudidayakan di Roof Garden ini merupakan tanaman sayur-sayuran organik yang di tanam dengan sistem hidroponik dan ternyata semua sayuran yang diolah oleh restoran Hotel ini pun  juga berasal dari budidaya tanaman ini.

Share

bloggreen architecturehighlight

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *