Yuk, Intip Salah Satu Taman Kota di Budapest


Mendengar nama Budapest, satu kata yang terlintas di benak saat itu adalah: cantik. Tidak salah memang, kota ini memang cantik, dan cukup romantis. Fisherman Bastion menjadi salah satu tourist spot yang wajib dikunjungi di kota ini. Tapi kali ini, saya mau merekomendasikan satu nama tempat yang bisa dimasukkan ke itinerary selama perjalanan di Budapest. Adalah Millenaris Park, sebuah taman seluas 26,000 m2 yang terletak di tengah kota.

Taman ini dilengkapi map & direction

Taman ini secara tidak sengaja saya ‘temukan’ saat perjalanan menuju Fisherman Bastion. Dari jendela tram Millenaris Park benar-benar bikin saya penasaran. Karenanya, saya berencana mampir ke sana usai dari Fisherman Bastion sebentar, sekitar 30 menit hanya sekedar untuk mengambil foto. Walaupun kenyataanya saya menghabiskan hampir 3 jam di sana 😀

Area duduk-duduk santai di taman yang sangat nyaman

Millenaris Park terletak di Kis Rókus U 16-20. Kalau anda berencana mampir ke taman ini usai dari Fisherman Bastion, ada banyak opsi yang bisa ditempuh seperti tram/bus 16, 16A, 116 dari Széll Kálmán tér M. Millenaris Park sendiri berada di tepi jalan besar yang dilalui bus serta tram, sangat mudah dijangkau.

Akses menuju taman ini sangat mudah, karena berada di tepi jalan besar

Taman ini termasuk salah satu taman kota terbesar di Eropa, lengkap dengan kolam buatan, hanging garden dan wind-gate. Dari kejauhan memang Millenaris tampak seperti taman kota pada umumnya. Namun di dalamnya anda bisa menemukan National Dance Theatre yang didesain oleh ZDA Zoboki Architects. Awalnya saya tertarik dengan desain taman yang modern, simple dan sleek. Tapi, begitu saya eksplor lebih dalam, saya benar-benar jatuh cinta dengan taman ini. Melihat pengunjung yang datang untuk sekedar duduk di daybed, memandang kolam buatan, menikmati performer hingga rebahan di atas rumput. Ya, anda bisa menginjak rumput di taman itu. Bahkan banyak di antara pengunjung yang membawa putra putrinya bermain dan bersantai di sana. 

Relax dan santai di taman

Sore adalah waktu yang tepat untuk mampir ke taman ini. Dimulai dari pukul 3 sore anda bisa memulai eksplor taman ini dengan menjelajahi beberapa area taman dengan aneka vegetasi yang cantik, dan menikmati sunset dari taman atas dengan daybed. Waktu terasa begitu cepat saat saya berkunjung ke Millenaris. Buat ‘sobat rebahan’ atau yang hobi nulis dan cari inspirasi, saya benar-benar menganjurkan untuk datang ke taman ini.

Taman kota ini juga dilengkapi dengan air mancur yang menarik

Kalau ditanya apakah saya akan mengunjungi Millenaris Park jika berkunjung ke Budapest? Tentu saja saya akan mampir lagi. Tapi sepertinya tidak dalam waktu dekat ini. Keadaan dan situasi yang serba tidak pasti ini memang membuat kita harus selalu waspada kapanpun dan dimanapun, termasuk saat kita traveling. Di Eropa sendiri, sejak awal Mei kurva untuk kasus baru COVID-19 sudah mulai menurun. Memang hampir semua negara menerapkan sistem lockdown di bulan Maret hingga Mei. Saat saya ke Budapest bulan Agustus lalu, orang-orang pun banyak yang menanggalkan masker. Meski saat naik public transport dan masuk ke toko anjuran memakai masker masih diwajibkan, orang-orang di sana masih menaati aturan tersebut. Tapi tetap saja liburan di tengah pandemik membuat kita kurang tenang dan mengurasi rasa nyaman. Semoga saja pandemik ini cepat usai dan kita bisa traveling tanpa masker lagi 🙂

Writer & Photo by Listyan Putri

Share

bloggreen tourismhighlight

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *