Green Up Your Apartment ! with Sayana Apartments


Bagi kaum Urban tinggal di apartemen, bukan merupakan hal baru, tetapi sudah menjadi lifestyle yang kekinian. Tinggal di apartemen itu banyak keuntungan yang dapat diperoleh, diantaranya adalah lokasi apartemen yang strategis, fasilitas penunjang yang mempuni, keamanan yang terjamin dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Beberapa hari yang lalu kami team Emillie Garden berkesempatan untuk mendatangi salah satu apartemen yang berlokasi di timur Jakarta, tepatnya di jantung kawasan pusat niaga (CBD) Kota Harapan Indah. Apartemen itu bernama Sayana apartements.

Adapun tujuan kami datang kesana adalah untuk mendekor dan memberikan sentuhan hijau pada setiap ruang di apartemen dengan menggunakan indoor plants.

Mungkin sebelumnya beberapa orang sempat khawatir untuk bisa tinggal di apartemen, karena dengan tinggal disana kemungkinan untuk memiliki taman yang indah itu sangat kecil, tapi saat ini kita bisa memanfaatkan indoor plants untuk membuat ruang apartemenmu menjadi lebih asri.

Plant Gang

Manfaat Indoor Plants untuk ruang

  • Membersihkan udara (natural air purifier)
  • Dekorasi ruang
  • Penghilang stress
  • Meningkatkan mood dll

Untuk kali ini jenis indoor plants yang kami pilihkan terdiri dari 2 jenis yaitu indoor plants dengan wadah pot terracota dan indoor plants yang ditanaman dengan teknik kokedama.

Menanam dengan teknik kokedama ini cocok bagi kaum urban yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat tanaman, karena dengan teknik ini penyiraman tanaman bisa dilakukan seminggu sekali saja. Sedangkan wadah pot terracota untuk tanaman dipilih dengan pertimbangan, menanam di pot tanah liat lebih baik untuk menjaga kelembaban akar tanaman.

Indoor Plants For Bed Room

Kamar tidur adalah tempat paling nyaman untuk melepas lelah, apalagi kalau dilengkapi kehadiran indoor plants. Tapi tidak semua tanaman bisa diletakkan di kamar. Tanaman yang mengeluarkan oksigen di malam hari sangat cocok untuk diletakkan di kamar. Beberapa tanaman itu adalah Sanseviera, Aloe Vera, Anggrek, Peace lily dll.

Kokedama Monstera untuk kamar tidur

Kebetulan saat mendekor 2 kamar tidur di Sayana Apartments kemarin, kami memilihkan beberapa jenis indoor plants yang berbeda untuk setiap kamarnya

Sansi di pojokan kamar

Indoor Plants For Living room

Untuk living room di Sayana Apartemen kami meletakkan tanaman pada sudut ruangnya. Kegunaan tanaman sudut ini adalah untuk memperlunak sudut masif pada dinding, selain itu tanaman ini dapat membersihkan udara dari polutan dan pengaruh buruk alat elektronik

Indoor Plants For Balcony

Untuk area balkon, bisa dipilihkan tanaman yang memiliki karakter menyukai sinar matahari dibanding jenis tanaman lainnya. Karena di area ini intensitas sinar matahari akan lebih banyak dari pada tanaman yang berada di dalam rumah. Area balkon ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat rotasi, penyiraman dan penjemuran tanaman.

Cara Perawatan Indoor Plants

Tanaman indoor dalam pot dapat disiram 2 – 3 kali sekali tergantung cuaca, sedangkan untuk tanaman dalam kokedama dapat disiram 1 – 2 sekali tergantung cuaca juga. Setelah tanaman disiram, tanaman dapat dijemur dan diangin-anginkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Setelah tanaman kering, indoor plants bisa dikembalikan ke dalam ruang.

Sudut Kerja

Untuk menciptakan suasana baru setiap minggunya posisi indoor plants dapat di rotasi sesuai dengan fungsi dan karakter setiap ruang.

Share

bloggreen architecturegreen living

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *